Berita

Waka Binamuda Kwarnas : Jamnas XI Tahun 2022 Hemat, Efektif, Efisien, Lebih Menarik, dan Bermutu

Pramukadelta.org – Wakil Ketua (Waka) Kwartir Nasional (Kwarnas)/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kak Prof. Dr. S. Budi Prayitno, MS menyebutkan bahwa Jambore Nasional ke-11 (Jamnas XI) tahun 2022 itu harus Hemat, Efektif, Efisien, Lebih Menarik, dan Bermutu.

Hal tersebut merupakan bagian dari paparan Kak Budi yang disampaikan pada rapat persiapan Jambore Nasional ke-11 (Jamnas XI) tahun 2022 secara luring dan daring hari ini, Kamis (10/02/2022) sebagai rapat perdana seluruh elemen panitia.

Kak Budi yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana kegiatan pertemuan akbar pramuka penggalang tingkat nasional tersebut menegaskan bahwasanya semua lini harus bergotong-royong mensukseskan Jamnas, dengan (Koordinasi, Kolaborasi dan Komunikasi) yang terkendali.

“Efisiensi seluruh bidang secara tertib,” ujarnya.

Pada paparan yang juga menampilkan sejarah penyelenggaraan Jamnas dari 1973 hingga terakhir yang kesepuluh yaitu tahun 2016 lalu, disebutkan pula bahwa Logo, Maskot, dan Lagu Jamnas XI tahun 2022 ini akan di-launching saat momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan pada bulan Februari ini.

Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan oleh tim Binamuda, total warga perkemahan yang akan digelar pada 14 sampai 21 Agustus di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur tersebut berjumlah 11.506, yang terdiri atas peserta, pembina pendamping, pimpinan kontingen daerah, panitia, termasuk unsur pendukung dan perkiraan tamu.

Dalam kesempatan rapat yang dihadiri oleh 30 peserta secara luring dari Cibubur dan lebih dari 100 peserta secara daring melalui Zoom, Kak Budi juga menjelaskan terkait gambaran kegiatan pada Jamnas XI tahun 2022 nanti dari hari ke hari.

Jadwal umum kegiatan juga disampaikan, termasuk pula jenis kegiatan yang apakah itu rotasi maupun non rotasi. Setidaknya akan ada Giat Khusus, Giat Malam Apresiasi, dan Giat Orang Dewasa yang mengiringi beberapa segmen kegiatan lainnya.

Secara rinci, Kak Budi juga menyampaikan struktur panitia pelaksana Jamnas XI tahun 2022 mulai dari pimpinan, bidang-bidang, serta menyampaikan beberapa hal terkait apa saja yang harus disiapkan oleh panitia dalam waktu dekat ini.

Areal Jamnas XI Tahun 2022 juga telah dirinci oleh Kak Budi, yang nantinya akan terdiri atas 4 Zona, yaitu Zona Tinggal, Zona Kegiatan, Zona Pendukung, serta Zona Evakuasi, lengkap dengan pewarnaan dalam peta Cibubur yang telah disiapkan.

Ada beberapa catatan terkait waktu penting yang digarisbawahi oleh Kak Budi, antara lain Sosialisasi terkait Petunjuk Pelaksanaan maupun Petunjuk Teknis; publikasi dan promosi Jamnas XI Tahun 2022, serta agenda simulasi.

Diketahui bahwa rapat ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP. yang sebelumnya juga telah menyampaikan paparan secara umum terkait Jamnas XI 2022.

Masih dalam situasi dan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, disampaikan dalam forum rapat besar tersebut bahwa harus ada alternatif jika nantinya Jamnas XI tahun 2022 tidak bisa diselenggarakan secara full luring, sehingga perlu disiapkan kegiatan secara hybrid dengan teknis yang lebih detail lagi.

Usai paparan yang disampaikan oleh Kak Budi, pimpinan Kwarnas yang dalam kegiatan Jamnas XI tahun 2022 ini nanti sebagai panitia pengarah diberikan waktu untuk memberikan masukan, usulan, saran, maupun tanggapan. Selebihnya, peserta lain juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat. (***)

Sumber berita : https://pramuka.id/waka-binamuda-kwarnas-jamnas-xi-tahun-2022-hemat-efektif-efisien-lebih-menarik-dan-bermutu/

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.