Lahirkan Generasi Muda yang Kreatif dan Inovatif Melalui Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka SMA Negeri 3 Sidoarjo

Pusinfo – Dalam upaya mencetak generasi muda yang berkualitas menuju menuju generasi kreatif dan inovatif, Ambalan Tjokronegoro Dewi Sekardadu Gugusdepan 01.167 – 01.168 pangkalan SMAN 3 Sidoarjo menggelar Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) pada Sabtu, 14 September 2024. Acara ini bertujuan untuk melatih sikap disiplin, berani, dan bertanggung jawab pada calon anggota Pramuka Penegak.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan di SMAN 3 Sidoarjo yang dibuka secara resmi oleh Ka.mabigus 01.167 – 01.168, Kakak H.Lamiran, S.Pd. M.Pd. adalah momen penting bagi calon pramuka penegak untuk secara resmi bergabung di ambalan pramuka penegak. Melalui serangkaian kegiatan yang menantang, peserta tidak hanya dibekali dengan pengetahuan kepramukaan, tetapi juga dilatih untuk memiliki karakter mulia dan berbudi luhur.

Selain itu, kegiatan fisik yang intensif juga dilakukan untuk meningkatkan kebugaran dan mental para peserta. Materi penerimaan tamu ambalan di SMA 3 Sidoarjo yaitu pengenalan tentang penegak, seragam pramuka penegak,struktur organisasi di golongan penegak, sketsa panoramik dan scout cheff di berikan dengan metode permainan.

Setelah sesi pembukaan dan pengarahan umum, kegiatan dimulai dengan games ambil gelas. Dalam permainan ini, peserta harus bekerja sama dengan timnya untuk mengambil gelas yang berisikan kertas materi tanpa menggunakan tangan secara langsung dan gelasnya tidak boleh terjatuh. Permainan ini bertujuan untuk melatih kerja sama, komunikasi, kefokusan serta kekompakan antar anggota tim. Peserta harus mengembangkan strategi bersama agar gelas dapat mendekati mereka, mencerminkan pentingnya sinergi dalam tim.

Setelah games selesai, kegiatan dilanjutkan dengan makan kue tradisional bersama.Sesi ini tidak hanya memberikan waktu istirahat bagi peserta setelah games yang menantang, tetapi juga menjadi momen kebersamaan dan memperkenalkan aneka kuliner lokal yang mengandung kearifan local. Dengan menikmati kue tradisional bersama, peserta diajak untuk lebih menghargai keberagaman budaya dan mempererat hubungan antar anggota.

Baca Juga  Be a Scout, Be Prepared

Usai ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan Scout Chef dan panorama yang dilaksanakan bersamaan. Pada sesi Scout Chef, peserta diajak untuk memasak makanan sederhana menggunakan bahan-bahan yang disediakan. Kegiatan ini melatih kemandirian, kreativitas, dan keterampilan bertahan hidup. Di sisi lain, sesi panorama memberikan kesempatan bagi peserta untuk menikmati keindahan alam sekitar dan mendokumentasikan momen tersebut. Kombinasi dari kedua kegiatan ini tidak hanya mengasah keterampilan praktis, tetapi juga memberikan momen relaksasi dan refleksi bagi para peserta.

Dengan adanya kegiatan penerimaan tamu ambalan ini kami berharap dapat  memberikan  pengalaman  yang  berkesan  dan  bermanfaat  bagi  seluruh  peserta,  serta mendukung  tujuan  utama  Gerakan  Pramuka  dalam  membina  generasi  muda  yang  berkualitas. Semoga kegiatan PTA ini dapat menghasilkan anggota AMBALAN SMA NEGERI 3 SIDOARJO yang unggul dalam berprestasi dan berakhlak mulia. [Red]

Kontributor Kegiatan : Deco & Ghea – Ambalan Dewi Sekardadu SMAN 3 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *