Pandita Arunakara Menjadi Tema Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka MAN Sidoarjo

Pusinfo – Dewan Ambalan MAN Sidoarjo menggelar PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) dan mengimplementasi P5PPRA yang diselenggarakan pada 9-10 Agustus 2024 di MAN Sidoarjo. PTA tahun ini mengusung tema “Pandita Arunakara”, yang memiliki arti kekuatan dalam seorang diri pribadi yang membuat seseorang berkembang, bebas dalam menyampaikan pikiran dan kreatif.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Kegiatan ini merupakani wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota pramuka penegak serta menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik terutama bagi kelas X. Sekaligus juga untuk upacara pindah golongan secara resmi dari pramuka penggalang ke pramuka penegak.

Kegiatan hari pertama dimulai dari apel pagi pembukaan PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi MAN Sidoarjo kelas X. Apel pembukaan ini digelar pada Jum’at, 09 Agustus 2024 dan dilaksanakan di halaman depan MAN Sidoarjo.

Setelah apel, seluruh siswa-siswi diarahkan ke Auditorium untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya. Kemudian, mereka mendapatkan materi tentang panduan untuk menuju kedewasaan yang disampaikan oleh Pembina Satuan Pramuka Scout Mansda, kak Rizki Putra Pradana.

Dalam kegiatan PTA ini diberikan bekal kepada anggota pramuka melalui materi- materi yang dapat diterapkan di kepramukaan, sekolah, dan kehidupan bermasyarakat. Selain itu, juga ada materi tentang filosofi Scout Mansda yang disampaikan oleh Kak Rizkhi Akbar selaku Pradana putra dan Kak Nayla Ayu selaku Pradana putri.

Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan P5 forum diskusi oleh Bapak Yunus Arbiyan S. Pd. Setiap kelas dibagi menjadi 4 kelompok dan akan berdiskusi mengenai materi leadership. “PTA ini akan masuk ke dalam rapor sebagai nilai P5 kalian,” ujarnya.

Baca Juga  Orientasi Tamu Ambalan ke XVI Tahun 2024 Pangkalan SMA Negeri 2 Sidoarjo, Semakin GESIT, Ciptakan Generasi Muda yang Lebih Berkualitas

Setelah selesai P5 mereka diarahkan untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu fun game. Fun game ini diadakan di Auditorium dan lapangan depan MAN Sidoarjo, fun game ini berupa estafet balok, bola keranjang, peta buta dan estafet air.

Acara yang paling di nanti-nanti oleh seluruh peserta yakni pentas seni yang digelar pada Sabtu, 10 Agustus 2024. Petas seni ditampilkan setiap kelas dimulai dari kelas X-7 hingga diakhiri oleh kelas X-8. PTA ini juga di meriahkan dengan penampilan band. Serta terdapat bazar yang berada di lapangan bawah. Pemberian hadiah dibagikan setelah penampilan band. Acara diakhiri dengan apel penutupan PTA. [Red]

Kontributor Kegiatan : Rizki Putra Pradana – Pembina Satuan MAN Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *