Peringati Hari Pramuka ke-63, Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo Ziarah ke Makam Pahlawan

Pusinfo – Kali ini Hari Pramuka yang ke 63 yang diadakan setiap tanggal 14 agustus. Mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”. Tentunya, Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo tidak ingin meninggalkan momen bersejarah ini, dengan mengadakan ziarah ke makam pahlawan di Jl. Pahlawan No.8, Sidokumpul, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (14/8/2024).

Yang bertujuan mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan mengingat jasa para pahlawan yang berjuang demi bangsa dan negara tercinta ini yaitu Indonesia. Hal ini penting apa lagi pramuka di ikuti oleh generasi muda. Ia tak boleh lupa dengan Sejarah para pahlawan. Dan menjadikannya untuk berperan dan berkarya dalam lingkungannya terutama bagi pramuka penegak yang akan Kembali ke Masyarakat.

“Kita punya kesempatan untuk belajar dari mereka para pahlawan tanpa tanda jasa, bahkan saya barusan saja melihat ada nama mereka yang tidak dikenal. Jadi seorang pahlawan tidak perlu untuk dikenal, tapi mereka punya nilai dan tujuan untuk bangsa dan negaranya” Ujar Mohammad Zakariya, S.Pd, Ka.Mabigus SMK Plus NU Sidoarjo.

Kegiatan ziarah makam ini diikuti oleh Ka. Mabigus SMK Plus NU Sidoarjo, Pembina Satuan, 19 kakak dewan ambalan, 15 calon dewan ambalan, dan 4 kakak purna ambalan.

Pramuka dibentuk karena berkobarnya semangat berjuang para pemuda di masa itu. Dengan semangat juang dari kumpulan para pandu yang ikut serta mengusir penjajah itulah, sehingga membantu membawa kemenangan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Pada tanggal 14 Agustus 2024 ini kita harus  bersyukur karena bisa berziarah ke makam para pahlawan, kita berharap semua anggota Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo bisa mengambil pelajaran dari mereka para pahlawan. Mereka adalah orang yang berjuang tanpa pamrih, mereka rela mengorbankan segalanya harta, benda, dan juga nyawa demi tegaknya negara NKRI. Jadi saya harap adik-adik sekalian belajar berjuang tanpa pamrih sampai titik akhir darah penghabisan” lanjut Kak Zakariya. [RED]

Kontributor Kegiatan : Rahma Tiwik – Tim Jurnalis Pramuka SMK Plus Nu Sidoarjo;

Pewarta Pusinfo : Agus Andrianto – Tim pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Baca Juga  Pembina Pramuka SMP PGRI 1 Buduran Ikuti Kemah Bhakti Gerakan Nasional Revolusi Mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *