Sidparcab Upaya Produktif Bergerak Mendobrak Stagnasi Pramuka Penegak Pandega Jenggala

Pusinfo – Gerakan Pramuka sesungguhnya milik anak-anak muda yang suka berkarya, produktif bergerak membangun karya dan membuat perubahan secaya masif serta berkelanjutan. Hal ini selaras dengan karakteristik anak muda yang enerjik, power hope, serba penasaran dengan hal baru, terus merasa tertantang dengan yang namanya perubahan dan senang akan trial to doing.

Senyampang dengan hal tersebut, Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo menyelenggarakan Sidang Paripurna Cabang Sabtu 18/02/2023 di aula Tri Satya. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Kak DR. Mustain Baladan, M.Pd.I ini menitik beratkan upaya untuk menyusun program kerja hasil Musppanitera Cabang sebelumnya.

Melalui Sidparcab kali ini, DKC juga penyampaikan Laporan Pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja selama setahun berselang. Selain itu juga menyusun program kerja setahun mendatang yang nantinya akan dilaporkan melalui Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Siidoarjo. Kegiatan ini melibatkan seluruh DKR se-Kwarcab Sidoarjo yang masing-masing diwakili oleh 2 orang unsur pramuka penegak dan pandega, terutama Ketua dan Wakil Ketua DKR.

Dalam amanahnya, Kak Mustain memberikan arahan “Keberadaan Dewan Kerja Ranting (DKR) yang saat ini dirasa belum berperan dan memberikan dampak bagi kemajuan pembinaan pramuka penegak dimasing-masing Kwarran, seharusnya menjadi perhatian kita bersama. Dewan Kerja Cabang (DKC) harus terus mengupayakan dapatnya bangkit dan berdaya pramuka penegak dan pandega dimasing-masing Kwarran melalui DKR. Manakala dirasa ada permasalahan dan kebuntuan komunikasi dengan Kwarrannya, maka melalui DKC dapat menyampaikan kepada Kwarcab untuk segera dilakukan komunikasi dan koordinasi agar dapat berjalan dengan baik berbagai macam kegiatan terutama tingkat penegak dan pandega yang ada di Kwarran masing-masing”.

Beliau juga menekankan agar masing-masing kwarran mendukung keberadaan DKR sebagai Badan Kelengkapan Kwartir yang menjadi ujung tombak kegiatan kepramukaan tingkat penegak dan pandega. Serta keharusan kwarran untuk melibatkan secara aktif DKR dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh kwarran.

Baca Juga  Pramuka SDK Untung Suropati II Terus Bergerak, Adakan Persari dan Perjusa

Hal ini patut untuk diperhatikan dengan serius, mengingat DKR juga merupakan regenerasi pramuka kedepannya. Sebagai kader penerus, tentunya harus terus dibina dan dibimbing serta diberikan peluang untuk mengembangkan diri, bukan malah dihalang-halangi untuk terus bertumbuh dan berkegiatan bersama pramuka penegak dan pandega yang lainnya, imbuh beliau menegaskan.

Kegiatan Sidparcab kali ini diikuti oleh 16 Kwartir Ranting dengan 1 Kwarran yang tidak hadir, yakni Kwarran Sedati. Berbagai permasalahan yang dibahas dalam Sidparcab kali ini menjadi diskusi yang sangat menarik bagi pramuka penegak dan pandega yang tergabung dalam DKR, 2 bahasan pokok yang menjadi topik utama kali ini adalah Raimuna Nasional 2023 yang rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus 2023 dan program kerja DKC Menyapa penegak dan pandega di Kwarran sebagai media komunikasi dan koordinasi untuk menggali berbagai permasalah-permasalah mendasar pramuka penegak dan pandega di kwarran.

Sebagaimana diketahui bersama, keberadaan DKR yang mengelola pramuka penegak dan pandega selama ini membutuhkan perhatian sangat serius untuk mengembalikan gerak dan semangatnya membangkitkan berbagai potensi yang dimiliki sehingga mampu mendorong kemajuan gerakan pramuka. Sebab, anggota dewasa muda ini merupakan kader-kader penerus gerakan pramuka yang harus dipersiapkan untuk menerima estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang.(Red)

Dokumentasi kegiatan oleh : DKC Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *