GUGUS DEPAN


ATLIT YANG PRAMUKA, PRAMUKA YANG ATLIT

Olah raga adalah kebutuhan bagi setiap orang, Pramuka adalah pilihan bagi mereka yang menginginkan peningkatan kehidupan yang lebih baik, kini dan masa yang akan datang. Melalui olah raga akan didapatkan raga yang sehat guna menunjang berbagai aktifitas fisik, dengan Pramuka setiap orang dapat memiliki berbagai pengalaman yang akan sangat bermanfaat bagi masa depan.

Ujung tombak Gerakan Pramuka adalah Gugus Depan yang memiliki kekuatan berupa Sumber Daya Manusia yakni peserta didik. SMA Negeri Olah Raga Jawa Timur yang berada di Kabupaten Sidoarjo, sebagai pencetak atlit-atlit profesional juga terlibat aktif dalam pembinaan generasi muda melalui Gerakan Pramuka.

Meski terbilang baru 3 tahun mulai ada ekstra Pramuka, namun berbagai macam kegiatan kepramukaan telah dilaksanakan. Ditengah kesibukan berlatih olah raga setiap hari, latihan Pramuka menjadi agenda pokok setiap Sabtu pukul 08.00 – 10.00.

Kegiatan Musyawarah Ambalan untuk menentukan kepengurusan Dewan Ambalan Pattimura dan Martha Khristina Tiahahu, Penerimaan Tamu Ambalan yang setiap tahun digelar diluar sekolah juga menjadi agenda rutin Pramuka SMA Negeri Olah Raga Jawa Timur yang berjuluk PRAMOR Jatim. Ambalan yang memiliki motto Patriot Ksatria Wicaksana ini, terus berbenah dengan meningkatkan kualitas anggotanya dan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kwartir.

Dibawah Pembina Satuan Kak Uays Hasyim beserta tim, Gugus Depan berbasis tematik Olah Raga tetap menjadi identitas utama Pramuka SMA Negeri Olah Raga. Berbagai macam cabor yang ada dengan padatnya latihan setiap hari, tidak menghalangi semangat mereka berlatih dan berkegiatan Pramuka, bahkan berkemah adalah kegiatan yang sangat dinanti-nanti.

Kolaborasi yang ada antara Pembina Gugus Depan Kak Badrus yang juga guru di SMA Negeri Olah Raga serta dukungan penuh Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Drs. Suswanto, MM menjadikan semangat menggelorakan Pramuka bagi siswa yang juga para atlit olah ragawan Jawa Timur terus tumbuh dan berkembang. Berbagai sarana prasarana pendukung kegiatan seperti perlengkapan Gugus Depan, Tenda Dome untuk berkegiatan dan dukungan dana terus dipersiapkan untuk menunjang kelancaran dan kemajuan Pramor Jatim. Tentunya dengan harapan, selain prestasi olah raga juga prestasi Pramuka SMA Negeri Olah Raga Jawa Timur juga dapat terus ditingkatkan perolehannya.

Penulis : Uays Hasyim