Damkar Sidoarjo Turut Serta Sukseskan Kegiatan PTA Penegak Pangkalan SMK Plus NU Sidoarjo 2024

Pusinfo – Gerakan Pramuka Pangkalan SMK plus NU Sidoarjo kembali mengadakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2024. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Ambalan gugus depan 01.231-01.232 untuk menyambut anggota baru.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Acara ini diadakan selama 2 hari di SMK Plus NU Sidoarjo, 30-31 Agustus 2024. Dibuka oleh ketua harian kwarcab Sidoarjo Kak Musta’in Baladan, sekaligus sebagai Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sidoarjo. Tercatat sebanyak 116 peserta dan 20 alumni demisioner turut hadir meramaikan kegiatan kali ini.

Peningkatan Karakter Pramuka Penegak yang Unggul

“Meningkatkan karakter penegak yang unggul berlandaskan tri satya dan dasa dharma.” Merupakan tema yang diangkat oleh Pramuka pangkalan SMK Plus NU Sidoarjo dalam acara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2024.

Penerimaan Tamu Ambalan kali ini cukup istimewa, karena diisi dengan edukasi pelatihan kesiapsiagaan kebakaran dan tanggap darurat yang diberikan oleh BPBD Sidoarjo. Dengan mendatangkan 1 unit mobil damkar beserta tim pemadam kebakaran berjumlah 7 orang.

“PTA kali ini memang sengaja dikonsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Supaya adik-adik peserta bahkan panitia sendiri bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baru melalui giat PTA, kita bisa belajar teknik pemadam kebakaran manual yg diberikan oleh tim damkar Sidoarjo serta materi-materi yang menarik lainnya.” ujar Ade Arya selaku ketua sangga kerja PTA yang juga anggota Brigade Penolong 1315 kwarcab Sidoarjo.

Bekali Ketrampilan Tanggap Darurat

Materi BPBD ini masih korelasi dengan pembelajaran kepemimpinan Pramuka dengan ketrampilan tanggap darurat dan mempersiapkan anggota Pramuka untuk menghadapi situasi darurat dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Asah Kreatifitas dan Sportivitas Pramuka Penggalang, SDN Jeruk Gamping Adakan LT-1

“Kesan saya sangat menarik karena anak-anak sangat antusias mengikuti dan mau ikut serta dalam praktek pemadaman api, dan mereka mau bertanya. Harapan saya adek-adek semoga lebih baik ilmunya bisa meresap akan dipraktekkan ke lingkungan atau sosial, semoga acara Pramuka ini bisa bermanfaat untuk sesama dan orang lain.” Ucap Dwi Kurnia Parwanto selaku komandan regu 1 pos kota Sidoarjo.

Mereka belajar tentang berbagai jenis kebakaran, bagaimana cara menghindarinya, dan langkah-langkah yang harus diambil jika kebakaran terjadi. Selain itu dijelaskan juga mengenai evakuasi ular dalam rumah, ini disampaikan oleh Damkar Sidoarjo pada pembukaan sebelum kegiatan demonstrasi pemadaman api dimulai. Demonstrasi yang dilakukan adalah menghadapi kebakaran dengan cara menutup api yang terbakar dengan karung goni basah, demonstrasi dilakukan langsung oleh tim pemadam kebakaran dilanjutkan oleh para anggota Pramuka.

“Waktu dijadwalkan ada materi tentang pemadam kebakaran itu saya merasa sangat excited, karena seru dan merasa tertantang. Saat mencoba pegang ular saya gak merasa takut, karena itu impian saya untuk bisa merasakan gimana rasanya pegang ular. Kemudian saat saya bisa berkesempatan mencoba memadamkan api secara manual dan menggunakan air dari selang pemadam kebakaran, saya merasa sangat senang karena bisa mencoba memadamkan api dengan dua cara tersebut.” Ucap Ayunda Demeysa X Akuntansi salah satu peserta kegiatan PTA kali ini. [Red]

Kontributor Kegiatan : Citra Cheetah A, – Jurnalis Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *