Saka SAR Kwarcab Sidoarjo, Ikuti Kemah Bakti Pancasila yang diselenggarakan oleh Ditbinmas Polda Jatim

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Satuan Karya SAR Kwartir Cabang Sidoarjo mengirimkan 1 anggota putra dan 1 anggota putrinya untuk ikut serta dalam kegiatan Kemah Bhakti Pancasila yang diselenggarakan Ditbinmas Polda Jatim, 21-22/08/2024 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Alas Suko Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan perkemahan ini dibuka oleh Kak AKBP Bahrun Nasikin, S.Ag., M.A., M.H selaku Ka. Sub Dit. Bintibsos Binmas Polda Jatim. Beliau bertindak selaku Ketua Pelaksana sekaligus mewakili Dirbinmas Polda Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 78 anggota Saka Bhayangkara putra dan puteri utusan Kwartir Cabang se-Jawa Timur, 39 Pamong Saka Bhayangkara se-Jawa Timur.

Tidak hanya itu, 52 orang anggota lintas Satuan karya dan 13 Pamong satuan karya se-Jawa Timur, juga ikut terlibat dalam kegiatan berkemah di alam terbuka ini. Selain itu terdapat 12 orang perwakilan Pemuda Lintas Agama yang ikut aktif dalam perkemahan kali ini.

Para peserta dibekali dengan materi tentang Pedoman Penghayatan Pengamatan Pancasila atau yang dulu dikenal dengan nama P4 sebagai butir-butir aktualisasi dalam penerapan kehidupan berwarga negara yang berpancasila. Juga diberikan penguatan materi tentang Moderasi Beragama, sehingga dari kegiatan ini para peserta dapat memahami dan mengamalkan ajaran agamanya dan tidak terjebak pada dua kutub ekstrem, baik yang terlalu ketat atau yang terlalu longgar.

Selain itu juga diberikan materi tentang Penguatan Ekosistem Toleran dan Kontra Radikal (PETRA), Api unggun dan cerdas cermat 4 konsensus bangsa. Para peserta yang didominasi dengan generasi gen z ini juga diajak untuk beroutbond ria sembari mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga  Geliat Pramuka Penegak Ambalan Dewaraka, Adakan Buka Bersama, Tingkatkan Spiritual

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan tercipta toleransi dan kerukunan antar sesama warna negara, sehingga tercipta satu bangsa Indonesia yang tidak bisa terpecah belah. Kebersatuan antar seluruh komponen bangsa ini nantinya akan menciptakan kedamaian dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.[Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Seno Hardjono – Andalan Cabang Urusan Satuan Karya;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *