SBH Sidoarjo Tumbuh dan Tangguh, Gelar Perti Saka Bakti Husada Sidoarjo 2024

Pusinfo – Kegiatan kepramukaan pada Satuan Karya Pramuka di Kwarcab Sidoarjo semakin hari terus menampakkan geliatnya. Berbagai macam kegiatan yang diinisiasi oleh para kawula muda anggota gerakan pramuka seolah silih berganti dari waktu ke waktu, hasil kolaborasi bersama orang dewasa, instansi yang menaungi satuan karya.

Kali ini satuan karya Bakti Husada yang menggelar Perkemahan Bakti atau Perti Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Sidoarjo (19-20/07/2024) di Bumi Perkemahan Alas Pelangi Kec. Trawas Kabupaten Mojokerto. Kegiatan yang mengambil tema “SBH Sidoarjo Tumbuh dan Tangguh” ini sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Saka Bakti Husada yang ke – 39 tahun.

Melalui kegiatan yang dikemas dalam kegiatan Perkemahan selama 2 hari 1 malam ini diharapkan generasi muda khususnya anggota saka bakti husada di Kwarcab Sidoarjo dapat mengambil peran penting dan strategis sebagai kader muda yang dapat memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat.

Hal ini juga merupakan langkah awal untuk mengajak peran aktif dan partisipatif seluruh Puskesmas yang ada untuk bisa mengadakan pembinaan kader muda dibidang kesehatan khusus-nya bagi pramuka penegak dan pandega, kegiatan ini juga merupakan kegiatan perdana yang dilakukan setelah 20 tahun penyelenggaraan kegiatan serupa bagi SBH Sidoarjo, hal ini disampaikan langsung oleh Andalan urusan Satuan Karya Pramuka Kwarcab Sidoarjo, Kak Seno Harjono ditengah tengah forum komunikasi Pamong Saka pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Pimpinan Saka Bakti Husada Cabang Sidoarjo Kak dr. Inensa Khoirul Harap, M.H mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo selaku Kamabi Saka, dalam amanat upacara pembukaan beliau menyampaikan pentingnya  peran Saka Bakti Husada dalam mendukung generasi indonesia emas yang terampil, cerdas dan berprestasi dengan upaya promotif dan prefentif pada kalangan remaja sebaya dengan berfokus pada peran kesehatan remaja khususnya.

Baca Juga  144 TAMU RACANA PRAMUKA KHATULISTIWA BERSEMI SETELAH PANDEMI

Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa segmen dimana pada hari pertama. Jumat, 19 Juli 2024 Ketua Dewan SBH Cabang bersama dengan Pimpinan SBH menyambut secara hangat kedatangan dari 28 Kontingen SBH dari 31 Puskesmas Se-Sidoarjo, selanjutnya peserta mendapatkan cukup waktu untuk dapat melakukan pendirian tapak kemah dan pemberian informasi berkaitan dengan sosialisasi administrasi Saka Bakti Husada bagi pangkalan dan ranting.

Selanjutnya peserta melaksanakan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan sesi materi yakni manajemen satuan karya oleh Kak Akhsan dan implementasi 6 Krida oleh Kak Pungky Anggraeni Mustika, S.KM dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. Selanjutnya pada malam harinya, juga dilaksanakan kegiatan Saka Challenge yakni lomba Fashion Show Daur Ulang dan Scout Smart. Lomba fashion show ini juga merupakan bagian dari kampanye kesehatan yang dilakukan oleh peserta dengan berbekal kreativitas dalam mendaur ulang sampah yang ada dengan dipadukan pada pemberian kampanye kesehatan dalam busana yang dibuat dan diperagakan.

Selanjutnya dalam materi scout smart juga mencakup pemenuhan aspek muatan lokal sebagai bagian dari soal seperti mengenai batik, sejarah dan kesenian sidoarjo, selain itu muatan lain juga meliputi kepramukaan dunia, Indonesia, saka bakti husada, 6 Krida dan mata pelajaran nasional. Tidak hanya itu dalam hari pertama ini juga terdapat Pentas seni yang merupakan sarana untuk mengakrabkan seluruh peserta dengan bersama sama mengapresiasi penampilan dari ke-28 Kontingen SBH pada kegiatan Pertisaka kali ini.

Pada pelaksanaan hari kedua Sabtu, 20 Juli 2024 ditengah dingin dan sejuknya suasana pegunungan pagi tidak menyurutkan semangat dari 350 Peserta untuk melakukan kegiatan senam pagi bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Scout chef dan jingle. Scout chef kali ini bertemakan “isi piringku kaya akan protein hewani” dimana seluruh peserta akan membuat sajian menu makan yang sesuai dengan konsep isi piringku untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Baca Juga  PTA Pramuka SMK YPM 5 Sukodono Ekspresi Diri Lewat Kegiatan Pramuka

Selain itu, dalam kegiatan jingle juga menjadi sarana kampanye kesehatan dengan melihat substansi isi jingle yang dibuat. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.30 WIB dengan ditandai pelaksanaan Upacara penutupan sekaligus awarding Saka Challenge oleh Kak Mochammad Soffa, S.Gz selaku Pembina Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Sidoarjo. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anwaruddin Al-Wafi – SBH Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *