Serunya Adik-Adik Pramuka Penggalang SMP PGRI 1 Buduran Belajar Semaphore

Pusinfo – Adik-adik Pramuka Penggalang kelas VII Gugus Depan 02.59 dan Gugus Depan 02.60 Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran belajar Semaphore Pramuka. Sangat heterogen ketrampilan mereka, namun tetap bersemangat untuk bergiat.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Maklum, di antara mereka beragam pengetahuan dan pengalaman masing-masing dalam bergiat Pramuka. Ada sebagian yang sudah trampil, ada yang sedang, ada pula yang belum menguasai. Itulah serunya belajar bersama-sama. Saat mereka masih sekolah di SD/MI, ada yang sudah rutin latihan Pramuka, ada juga yang belum. Sebagian, ada yang sudah mengikuti LT 1, LT 2, bahkan LT 3.

Hari itu Sabtu (14/9/2024) seperti biasa, para penggalang kelas VII Pangkalan SMP PGRI 1 Buduran berbaris rapi membentuk ankare ( letter U) untuk melaksanakan upacara apel pembukaan latihan Pramuka di halaman sekolah. Hadir pada giat Pramuka tersebut: Kamabigus SMP PGRI 1 Buduran, Kak Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd, Gr. ; Ketua Pangkalan, Kak M. Agus Setiawan, S.Pd; Koordinator pembina, Kak Siti Tri Mudayana, S.Pd; serta para kakak pembina lainnya. Sebelumnya, adik-adik penggalang tersebut sudah mendapat materi semaphore.

Apakah sesungguhnya definisi semaphore? Semaphore atau semafor adalah cara untuk mengirim dan menerima berita yang biasanya digunakan dalam pramuka. Kode semaphore adalah sistem komunikasi yang menggunakan gerakan bendera, lengan, atau tangan untuk menyampaikan pesan. Dalam konteks lomba dance semaphore, peserta akan menggunakan gerakan tangan dan lengan mereka untuk menggambarkan berbagai pesan dan komunikasi yang ditentukan sebelumnya.

Semaphore bergeser secara perlahan sesuai arah putaran jarum jam, jika dilihat dari sisi penerima pesan. Cara mudah menghafalkan gerakan semaphore adalah dengan membayangkan sebagai pengirim pesan. Sedangkan gerakan semaphore itu sendiri terdiri dari 30 formasi yang masing-masing melambangkan huruf, angka, atau isyarat tertentu.

Baca Juga  Integrasikan Pendidikan Karakter, Kerjasama dengan Koramil adakan Kemah Akbar

Memang, sebelumnya adik-adik penggalang tersebut sudah dikenalkan dengan kode huruf abjad dan kode angka. Agar lebih menarik dan bersemangat, kali ini praktik gerakan semaphore dengan bendera, diiringi lagu Mars Pramuka. Dengan dipandu oleh anggota Pramuka Inti dan Dewan Penggalang, serta didampingi kakak-kakak pembina, gerakan semaphore dance pun diulang-diulang hingga hafal dan lancar.

Dengan penuh keceriaan dan kegembiraan, adik-adik penggalang tersebut semakin semangat bergiat.
Terik sinar mentari yang mulai menyengat, tidak menyurutkan adik-adik penggalang untuk bergiat. Sebaliknya menjadi energi positif untuk belatih. Semakin semangat bergiat. Disini senang, disana senang, dimana-mana hatiku senang. Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia. [Red]

Kontributor Kegiatan : Drs. Koesmoko – Kaur Humas SMP PGRI 1 Buduran;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS β€“ Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

One thought on “Serunya Adik-Adik Pramuka Penggalang SMP PGRI 1 Buduran Belajar Semaphore

  1. πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *