Tarian Kecak Bali dan Gelang Ro’om Madura Warnai Pembukaan Spewasti Camp 2024

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Kreativitas para anggota pramuka SMP Wachid Hasjim 9 Sedati memang tidak perlu diragukan lagi. Selain aktifitas kepramukaan yang selama ini terus meningkat, talenta-talenta yang lainnya juga terus diasah demi memberikan bekal keahlian untuk masa depan mereka nanti.

Salah satunya adalah bekal kemandirian melalui kegiatan Perkemahan Lomba Tingkat 1 dan PPTP (Perkemahan Penerimaan Tamu Penggalang) yang di gelar di Bumi Perkemahan Bernah De Vallei Kembangbelor Pacet Mojokerto, Senin s.d Rabu (26-28/08/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 300 anggota pramuka gugus depan yang dikenal dengan nama Spewasti dan lebih dari 12 orang pembina pramuka serta 30 orang guru juga ikut serta mendampingi adik-adik pramuka penggalang. Kegiatan perkemahan yang bertajuk Spewasti Camp kali ini dibuka langsung oleh Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, kak DR. H Mustain Baladan, M.Pdi.

Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya saling menghormati antar anggota pramuka, “Di pramuka senantiasa diajarkan akan pentingnya “unggah-ungguh atau tata krama”, yang muda menghormati yang tua dan yang tua menyayangi yang muda. Hal ini sesuai dengan kode kehormatan gerakan pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma yang keberadaan keduanya menjadi pedoman pokok bagi setiap anggota pramuka untuk hidup dan berperilaku dalam kehidupan,” tegasnya.

“Selain itu, melalui kegiatan perkemahan ini, adik-adik dilatih kemandirian dalam berbagai hal yang akan menjadi bekal bagi masa depan kalian. Hiduplah dengan berpedoman dengan Dasa Darma yang secara pikiran, ucapan dan tindakan sudah sangat lengkap untuk diterapkan dalan kehidupan kalian sehari-hari, sehingga akan terwujud manusia pramuka yang utuh serta memiliki jiwa yang luar biasa,” ujarnya menambahkan dalam sambutannya.

Baca Juga  Kenang Sejarah Perjuangan 45, Pramuka SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo Adakan Tradisi Napak Tilas

Dihubungi disela-sela pelaksanaan kegiatan, Kepala SMP Wachid Hasjim 9 Sedati Kak Ahmad Suyuti, S.Pd yang juga Ketua Majelis Pembimbing gugus depan (Kamabigus) mengatakan, “Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya sekolah memberikan bekal pengalaman dan keilmuan kepada seluruh peserta, agar nantinya mereka akan mampu dan siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang”, tukasnya.

Yang menarik dalam pembukaan kegiatan perkemaahan ini adalah tampilan tarian kecak dan gelang ro’om oleh adik-adik pramuka SMP Wachid Hasjim 9 Sedati. Gelaran seni tari yang khas dengan budaya bali ini ditampilkan dengan sangat menarik oleh adik-adik.

Tak hanya itu, gerak seni tarian gelang ro’om yang menjadi khas budaya masyarakat madura ini juga di persembahkan kepada seluruh yang hadir dengan penuh semangat dan penghayatan. Dipersembahkan juga koreografi seluruh peserta perkemahan dengan judul Manusia Kuat dengan iringan lagu Tulus – Manusia Kuat. [Red]

Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *