Adakan Pengenalan Gerakan Pramuka (PGP), SMP/SMA Al-Fattah Kembangkan Nilai-nilai Karakter Positif

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Pengenalan Gerakan Pramuka (PGP) adalah salah satu kegiatan yang memiliki peran penting dalam pengenalan siswa baru terhadap kegiatan ekstra Pramuka dan penerimaan mereka sebagai anggota Pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan karakter positif seperti kedisiplinan, kepemimpinan, kemandirian dan menanamkan nilai-nilai positif pada diri mereka.

Gerakan pramuka tersendiri memiliki arti pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun sebagai penerus generasi selanjutnya. Tujuan diadakannya orientasi pramuka ini dapat memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan bagi para anggota Pramuka SMP SMA Al Fattah dalam upaya pembentukan watak dan mental menjadi manusia yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila.

Pengenalan gerakan Pramuka (PGP) pada tahun ini diadakan pada hari Sabtu sampai Ahad, tanggal 3-4 Agustus 2024, di SMP SMA Al Fattah dengan mengusung tema “Menjadi Pramuka tangkas, cerdas dan berkwalitas”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik baru dengan jumlah 111 siswa, terdiri dari 68 siswa SMP dan 43 siswa SMA kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dan menginap menggunakan tenda yang sudah disediakan.

Upacara pembukaan dimulai pukul 10.00 dipimpin oleh kak Ahmad Suhar, S.Pd. dilanjutkan dengan materi yang di sampaikan oleh kak Suci Mandayanti, S.Pd. dan kak Ayuni Nur Habibah selaku pembina pramuka di pangkalan. Para peserta juga mengikuti serangkaian games dan yel-yel yang diberikan oleh Dewan Galang dan Dewan Ambalan selaku panitia pelaksana kegiatan, sehingga menambah suasana menjadi riang gembira dan menarik antusias serta semangat peserta.

Baca Juga  Asah Kreatifitas dan Sportivitas Pramuka Penggalang, SDN Jeruk Gamping Adakan LT-1

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan beberapa pembina dan pelatih Pramuka dari luar pangkalan, diantaranya kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS selaku Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo yang memberikan materi tentang Rovering to Succes. Ada juga kak Ikhwan Fajri, S.Pd. tentang Pramuka Penegak, kak Arif Rahman H, S.Pd. tentang Pramuka Penggalang, kak Faliqul Isbach dan Muhammad Musyafa memberikan materi motivasi dalam berpramuka.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peserta didik dapat lebih mengenal dan mencintai alam, terjalin kekeluargaan dan jiwa sosialnya terhadap teman. Terpacu semangat bersaing dengan sportivitas, semakin mengetahui kebesaran Tuhan, menjadi berani dalam mengambil keputusan, mandiri karena mengurus kebutuhan mereka sendiri, menjadi disiplin karena kegiatan yang terjadwal, menjadi percaya diri dan juga menjadi lebih bertanggung jawab serta terjalin silaturahmi antara peserta didik yang satu dengan yang lainnya. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Suci Mandayanti, S.Pd – Pembina Al-Fattah Buduran;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *