Be a Great Leader Bersama Gladian Pemimpin Regu – Dianpinru Sako Ma’arif NU Wonoayu

Pusinfo – Dianpinru singkatan dari gladian pimpinan regu. Dianpinru merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan, sikap, serta keterampilan kepemimpinan para pemimpin dan wakil pemimpin regu pramuka penggalang. Gerakan pramuka satuan komunitas ma’arif NU kecamatan Wonoayu mengadakan Dianpinru yang dilaksanakan pada hari Jum’at – Sabtu tanggal 23 – 24 Agustus 2024 yang diselenggarakan di MI Bahrul Ulum Becirongengor dengan menusung tema “Lead Yourself to be a Great Leader”.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Dasar dari kegiatan dianpinru ini adalah adanya beberapa pangkalan dalam naungan Sako Ma’arif yang masih pasif dengan kegiatan pramuka, mempererat tali persaudaraan antar anggota dengan silaturrahmi antar pimpinan regu dari masing-masing pangkalan. sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah membekali materi kepramukaan kepada pimpinan regu sehingga mereka mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang lebih, dapat menjadi contoh serta pemimpin bagi  anggota pramuka lainnya.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua harian Kwarcab Sidoarjo yakni Kak Mustain Baladan, M.Pd. dalam sambutannya yang ditujukan ke peserta dianpinru antara lain : 1. Siapapun orangnya jika tidak siap dengan zaman maka akan tergerus oleh zaman. 2. Kuasai ilmu pengetahuan, dan dipramuka menggunakan sistem beregu sesuai dengan sistem among untuk menyiapkan persaingan dimasa depan karena kolaborasi kecerdasan individu akan kalah dengan dengan kelompok”.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan Dianpinru ini ialah 1) Dinamika Kelompok, yang digunakan untuk membentuk kelompok dan menciptakan kerjaasama baru antar kelompok dari berbagai pangkalan. 2) Materi tentang Kompas, Sket Panorama, dan Pengetahuan tentang Pramuka oleh Kak Arif, materi kali ini ditujukan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan bagi peserta dianpinru yang nantinya akan mampu menjadi contoh dan mengajarkan kepada anggotanya saat kembali ke pangkalan. 3) Materi PBB, Talitemali, Pionering, dan Sandi, materi kali ini selain untuk menambah pengetahuan dan wawasan juga ditujukan untuk menambah kerjasama antar kelompok dan meningkatkan kedisiplinan dalam hal apapun.

Baca Juga  Kak Subandi Lantik Pengurus Mabiran dan Kwarran Wonoayu Masa Bakti 2022-2025

Selain mendapatkan ilmu baru dan materi peserta dianpinru juga di ajak menerapkan dan mengamalkan kode kehormatan pramuka melalui kegiatan-kegiatan yang telah dikemas panitia. Diakhir acara peserta diajak memecahkan masalah melalui game yang diberi nama “pelabuhan raja dan putri”.

Dianpinru ini dilaksanakan dalam bentuk learning by doing jadi peserta akan diberi materi secara langsung sambil melakukan atau praktek secara langsung. kegiatan ini di ikuti oleh 175 peserta dari 18 pangkalan Madrasah Ibtidaiyah yang ada di kwarran Wonoayu. Kegiatan ini dapat di ikuti dengan baik oleh peserta. Harapan kedepannya pramuka yang ada di Sako Ma’arif Wonoayu akan lebih baik, memiliki kemampuan dan keterampilan yang unggul sehingga mampu bersaing dimanapun. [Red]

Kontributor Kegiatan : Tria Zuliatul F, M.Pd – Sekretaris Kwarran Wonoayu;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *