Asah Kreatifitas dan Sportivitas Pramuka Penggalang, SDN Jeruk Gamping Adakan LT-1

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Pada tanggal 27 Juli 2024, SDN Jeruk Gamping Kwarran Krian menggelar Lomba Tingkat 1 (LT-1) pramuka penggalang yang diikuti oleh seluruh anggota pramuka kelas 4 hingga kelas 6. Kegiatan ini berlangsung meriah dengan semangat kompetisi yang tinggi dari para peserta. Lomba yang diselenggarakan di lapangan sekolah ini diikuti oleh 17 regu penggalang. Adapun jenis lomba yang dilaksanakan meliputi sandi – sandi, pionering, memasak, pentas seni, dan berbagai permainan tradisional. Para peserta tampak antusias mengikuti setiap lomba dengan semangat dan penuh keceriaan.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kalwarran Krian, Kak Air Langga Budi Prasetya, Lc. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antar siswa serta mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka.

” Lomba Tingkat 1 ini tidak hanya bertujuan untuk mencari pemenang, tetapi juga untuk melatih kerjasama, kepemimpinan, dan tanggung jawab di kalangan siswa. Kami berharap semua peserta bisa menikmati setiap momen lomba ini dan mengambil banyak pelajaran berharga darinya,” ujar Kak Air Langga dalam sambutannya.

“Saya memiliki keyakinan bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas semata. Pendidikan yang sesungguhnya adalah bagaimana kita mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan hidup, karakter yang kuat, serta semangat kebersamaan dan kepemimpinan“, kata Kak Abdul Rosid, S.Pd. selaku Kamabigus SDN Jeruk Gamping.

Setelah upacara pembukaan, para peserta menunjukkan bakat dan kreativitasnya  dalam menampilkan jingle regu masing-masing. Setelah itu dilanjutkan dengan kreasi menghias dan menyajikan makanan  tradisional nasi goreng dengan gembira dan penuh antusias. Setelah istirahat Sholat Dhuhur dan makan siang para peserta melanjutkan kegiatan berupa pionering, tali temali, sandi morse dan ketangkasan individu berupa lempar dart.

Baca Juga  Geliat Pramuka Penegak Ambalan Dewaraka, Adakan Buka Bersama, Tingkatkan Spiritual

Kegiatan ini diakhiri dengan penyalaan api unggun dilanjutkan upacara penutupan dengan pembina upacara Kamabigus Pangkalan SDN Jeruk Gamping, Kak Abdul Rosid. Dalam amanatnya, Kamabigus berpesan agar kekompakan dan kerjasama para pembina gugus depan terus ditingkatkan untuk kemajuan bersama. Selain itu, kepada para peserta LT I, khususnya bagi regu peraih prestasi tinggi, agar terus giat berlatih dan tidak cepat berbangga dengan prestasi yang dicapai hari ini.

Mereka harus terus berlatih agar mampu meraih prestasi yang lebih baik pada level yang lebih tinggi, yaitu LT-II yang akan dilaksanakan nanti. Kegiatan ini ditutup dengan upacara penutupan dan pengumuman pemenang pada pukul 21.00 WIB. Setelah menyampaikan sambutan Kamabigus berkenan menyerahkan Trophy dan piagam penghargaan kepada masing-masing  regu putra dan putri peraih prestasi tinggi, baik, dan cukup.

Semua peserta mendapatkan piagam penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka. Regu Macan dan Regu Aster berhasil meraih juara umum, sehingga regu tersebut berhak mengikuti Lomba Tingkat II yang diadakan oleh Kwarran Krian pada hari Senin – Rabu, tanggal 23 – 25 September 2024 di Bumi Perkemahan Advent Mahanaim Sumberwekas Prigen.

Dengan terselenggaranya Lomba Tingkat I ini, diharapkan para siswa dapat terus mengembangkan keterampilan kepramukaan mereka dan menjadi generasi muda yang tangguh dan berkarakter. Kegiatan seperti ini juga diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang selalu dinantikan oleh para siswa setiap tahunnya. [Red]

Kontributor Kegiatan : Moh. Saifudin – Anru Pengalang Kwarran Krian;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

One thought on “Asah Kreatifitas dan Sportivitas Pramuka Penggalang, SDN Jeruk Gamping Adakan LT-1

  1. Semoga regu terbaik(unggul) dapat melanjutkan prestasi hingga tahap berikutnya di LT 2 berkompetisi dengan pangkalan gudep se- Kwaran Krian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *