Pramuka SMA Wachid Hasyim 2 Taman Pelopori Sedekah Minyak Jelantah Mendulang Berkah

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Siswa -siswi baru yang mengikuti Masa Pengenalan  Lingkungan Sekolah (MPLS) diajak untuk mengikuti program sedekah minyak jelantah yang dipelopori oleh Pramuka SMA Wachid Hasyim 2 Taman (Smasyimduta) YPM Sidoarjo. Kegiatan ini melibatkan 494 peserta didik baru. Dengan mengumpulkan minyak jelantah sebanyak 80 liter.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kamis, 18 juli 2024 di lapangan utama SMA Wachid Hasyim 2 Taman (Smasyimduta) YPM Sidoarjo.  Bukan hanya ajakan sedekah minyak jelantah saja sebagai kegiatan utama. Tetapi juga sosialisasi pilah pilih sampah botol plastik.

“Dalam pilah pilih sampah peserta didik baru belajar dan memahami bagaimana botol air minum di buang di kotak yang disediakan oleh sekolah”. Ujar kak Agus Andrianto

Bukan hanya sekedar membuang di kotak saja. Tapi di pisah mulai dari tutup botol, plastik dan badan botol plastiknya. Tambah kak agus andrianto yang merupakan alumni Workshop Ramah Lingkungan Kwartir Daerah Jawa Timur Tahun 2019 sekaligus tim Pusinfo Kwarcab Sidoarjo.

Minyak jelantah yang menjadi program sekolah telah banyak membantu murid-murid yang tidak mampu. Hasil dari minyak jelantah ini memberikan beasiswa, hingga siswa yang membutuhkan terbantu.

“Minyak jelantah ini akan menjadi program utama sekolah dan berkelanjutan karena sangat membantu dan mengenalkan siswa-siswi tentang lingkungan”. Ujar Bu Ummi selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan.

Pramuka Ambalan Wachid Hasyim – Nyi Ageng Serang ikut mengajak peserta didik baru dan mengarahkan dalam pengisian minyak jelantah ke jerigen. Dengan berkolaborasi bersama Sekolah Hutan Wakaf kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga  Mewujudkan Generasi Berkarakter SDN Pertapanmaduretno Adakan Ujian SKU

Kegiatan ajakan sedekah minyak jelantah ini merupakan sesuai dengan tema MPLS. Dengan tema “Cinta Lingkungan, Ciptakan Bahagia Belajar”. Harapannya peserta didik baru menjadi warga sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup. Dan mampu menjaga lingkungannya terutama lingkungan sekolah dalam mengurangi sampah. [Red]

Pewarta Pusinfo : Agus Andrianto – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *