25 Tahun Merawat Aset Berharga Pramuka, Smenda Scout Gelar Musyawarah Ambalan dan Rayakan Usia Seperempat Abad Berbakti

Pusinfo – “Sebenarnya kami sudah mulai melaksanakan kegiatan pramuka semenjak tahun 1986, ketika itu gugus depan kami masih bernama SMEAN Sidoarjo – Sekolah Menengah Ekonomi Atas Negeri. Namun, baru tertata dengan terbentuknya Ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien pada tanggal 26 September 1999, sehingga telah 25 tahun lebih kami merawat aset berharga Pramuka untuk terus menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di pangkalan berbasis sekolah”, ungkap Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS selaku Pembina Satuan Smenda Scout.

Gerakan pramuka gugus depan 02.081 – 02.082 yang berpangkalan di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo ini, kini telah genap berusia 25 tahun lamanya. Seperempat abad adalah waktu yang cukup matang untuk sebuah organisasi pramuka di gugus depan. Berbagai macam tantangan dan rintangan telah berhasil dilalui dengan penuh antusias, hal ini terbukti tetap eksisnya Smenda Scout dikancah kegiatan kepramukaan ranting, cabang, daerah hingga nasional.

Bersamaan dengan gelaran Anniversary Smenda Scout yang ke – 25 tahun (26 September 1999 – 26 September 2024), kali ini dilaksanakan kegiatan Musyawarah Ambalan sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi dalam organisasi. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Gugus Depan – Kak Kak Syamsudin Chalim, S.Pd., M.Pd mewakili Kamabigus ini menjadi wahana pembelajaran bagi seluruh anggota Smenda Scout tentang bagaimana bersidang dan proses bermusyawarah.

Pada pelaksanaan Musyawarah Ambalan kali ini dilakukan Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Dewan Ambalan angkatan XXII terhadap program kerja yang telah dilaksanakan 1 tahun masa bakti. Kemudian juga dilakukan penyusunan program kerja untuk masa bakti 2024 – 2025. Di forum ini juga dilakukan pemilihan Pradana Putra dan Pradana Putri serta kelengkapan kepengurusan Dewan Ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien masa bakti sebagaimana program kerja.

Baca Juga  LEBIH DARI 1000 PRA-SIAGA BERSAMA AYAH BUNDANYA PENUHI ALUN-ALUN SIDOARJO

Paska melaksanakan Musyawarah Ambalan, kegiatan dilanjutkan dengan Pesta Anniversary Smenda Scout yang ke – 25 tahun bersama anggota pramuka inti dan wajib di lapangan hijau yang dipimpin langsung oleh Ketua Gugus Depan Kak Syamsudin Chalim, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, kak Syam mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak yang telah membersamai Smenda Scout hingga 25 tahun berjalan, ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Tentunya kematangan sebuah organisasi dengan rentang usia seperempat abad ini tidak lagi diragukan. Semoga ke depan Smenda Scout semakin berjaya dan terus mendulang berbagai macam prestasi yang membanggakan kita semuanya, Selamat Ulang Tahun Smenda Scout yang ke – 25 tahun”.

Ritual tiup lilin dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur yang didahului dengan doa kepada Alloh SWT tidak pernah dilupakan. Yang unik di setiap perayaan ulang tahun Smenda Scout adalah acara tukar kado antar sesama anggota dan pembina, hal ini sebagai bentuk rasa terima kasih dan saling mengasihi satu dengan lainnya. Meski nilai kado yang dibawa oleh setiap orang tidaklah seberapa, namun ungkapan rasa cinta kasih antar anggota dan pembina ini adalah hal yang utama.

Dibawah bimbingan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM kepramukaan di Smenda Scout semakin maju dan berkembang dengan pesat. Berbagai macam prestasi kembali ditorehkan, seperti : mengirimkan perwakilan peserta untuk mengikuti Raimuna Nasional tahun 2024 di Cibubur Jakarta, Raimuna Daerah Jawa Timur 2024 di Prigi Trenggalek, Juara 1 Gugus Depan Unggul tingkat Kwartir Cabang Sidoarjo, beberapa kejuaraan dalam lomba Giat Prestasi Pramuka Penegak Kwartir Cabang Sidoarjo dan banyak lagi yang mampu ditorehkan.

Baca Juga  Candi Jolotundo Tujuan Kirab 79 Bendera Merah Putih Pramuka Galamesa SMPN 1 Krembung

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan ini, kak Nanang Tri Wahono, S. Pd selaku Pembina Gugus Depan, kak Faria Lutfa, S.Sos.I selaku Pembina Satuan Putri, kak Siti Khoiriyah, S.Pd., M.Pd., kak Hanif Ihsan Satya, S.I.Kom, kak Gunawan, S.Pd, kak Yana, S.Pd., Kak Rico Wido Seno, S.I.Kom yang keseluruhan adalah Tim Pembina Satuan pada pramuka wajib di SMK Negeri 2 Buduran. Kehadiran para tim pembina satuan ini turut serta memeriahkan perayaan anniversary gugus depan yang selama lebih di kenal dengan sebutan Smenda Scout Lion Campus – Pramuka Smenda Kampusnya para Singa.

Melaui kegiatan ini, yang dirangkaian awalnya adalah musyawarah ambalan juga telah dihasilkan keputusan terkait pemilihan Pradana Putra dan Putri yang secara forum pemilihan dipercayakan kepada Rio Putra Huda Pratama sebagai Pradana Putra, sedangkan pradana putrinya adalah Alfareza Cahyani Putri. Proses regenerasi kepemimpinan yang sudah berjalan 25 tahun ini memberikan pembelajaran luar biasa bagi seluruh Civitas Smenda Scout untuk terus berkiprah memajukan gerakan pramuka. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Faria Lutfa – Pembina Satuan Putri Smenda Scout;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *