Usung Tema Berani Beraksi, Tunjukkan Potensi, Raih Prestasi Kwarran Sukodono Gelar Lomba Tingkat 2

Pusinfo – Kegiatan Lomba Tingkat 2 Pramuka Kwarran Sukodono kembali digelar tahun ini pada hari Selasa-Kamis, 3-5 September 2024 dengan semangat yang luar biasa dari seluruh penggalang yang berpangkalan dilingkungan Kwarran Sukodono. Lomba ini diikuti oleh puluhan regu Pramuka Penggalang yang bertujuan untuk memperkuat jiwa kepemimpinan, keterampilan, serta solidaritas antar anggota Pramuka. Lomba Tingkat 2 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Kwarran Sukodono sebagai ajang unjuk bakat dan kemampuan penggalang yang selama ini telah berlatih dipangkalan masing-masing.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Acara yang berlangsung selama tiga hari di Bumi Perkemahan Mahanaim ini dibuka secara resmi oleh Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak Dr. H. Mustain Baladan, M.Pd.I, yang dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi dalam kegiatan ini sehingga dapat membangun karakter generasi muda yang tangguh, disiplin, dan berintegritas.

Selain itu juga mampu menunjukkan sikap “Sugih Tanpa Bondho, Digdaya Tanpa Aji, Nglurug Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake”. Harapannya, seluruh penggalang yang berlaga nantinya dapat menjadi pribadi yang kolaboratif, mampu menuntaskan tantangan zaman dengan kekuatannya, namun tidak lupa dengan sesama dan tidak lupa pada pribadi bangsanya.

“Pramuka adalah wahana pembinaan generasi muda yang sangat efektif. Lomba Tingkat ini tidak hanya melatih keterampilan individu dan regu, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai gotong royong, kepemimpinan, dan kerjasama tim yang sangat dibutuhkan di masa depan,” ujar Kak Mustain dalam pidato pembukaannya.

Lomba Tingkat Pramuka terdiri dari berbagai kategori lomba yang menguji kemampuan fisik, mental, dan keterampilan teknik kepramukaan para peserta, diantaranya adalah lomba Pionering, Keterampilan Baris-Berbaris, hingga Lomba Kecakapan Hidup (Life Skills) seperti memasak makanan dan minuman tradisonal serta mendirikan tenda lengkap dengan pagar dan gapuranya.

Baca Juga  Pesta Siaga & LT 1 Pramuka SDN Sepande

Seluruh barang bawaan yang dibutuhkan selama mengikuti perlombaan wajib di packing dan diangkut sekali jalan oleh para peserta. Hal ini untuk mengasah kemampuan manajemen kelompok dan juga kekompakan peserta dalam regunya. Para peserta juga mengikuti tes pengetahuan umum dan pramuka melalui kegiatan lomba PUPP.

Salah satu peserta dari Regu Singa, Zidan, mengungkapkan antusiasmenya mengikuti lomba ini. “Lomba Tingkat 2 Pramuka telah kami tunggu-tunggu setiap tahun. Kami bisa belajar banyak hal, mulai dari teknik kepramukaan hingga membangun kerja sama dengan anggota regu. Ini sangat seru dan menantang! Saya ingin berangkat lagi tahun depan untuk mewakili sekolah.”

Lomba yang berlangsung selama 3 hari tidak menyurutkan sedikitpun semangat penggalang Kwarran Sukodono, seluruh peserta dalam kondisi sehat sejak kedatangan hingga pulang kembali ke pangkalan masing-masing. Energi yang dimaksimalkan selama perlombaan, dipenuhi kembali pada saat makan bersama anggota regu.

Makanan yang dibagikan oleh panitia dalam beberapa bakul, dibagikan secara merata oleh pinru dan dinikmati bersama-sama. Selama makan, tak jarang peserta juga saling bercanda bahkan juga mengatur strategi bersama untuk persiapan lomba berikutnya.

Acara puncak lomba yang berlangsung pada hari terakhir ditandai dengan upacara penutupan yang penuh haru dan kebanggaan. Regu Pramuka King Phoenix dan Regu Queen Violet dari pangkalan SDN Jumputrejo keluar sebagai Regu Berprestasi Tinggi Tingkat SD/MI dan Regu Ababil dan Regu Bidara dari pangkalan SMPN 1 Sukodono keluar sebagai Regu Berprestasi Tinggi Tingkat SMP/MTs, setelah unggul di berbagai kategori lomba. Mereka berhasil membuktikan kerja keras dan kekompakan regu selama perlombaan berlangsung.

Lomba Tingkat 2 Kwarran Sukodono sukses digelar dengan penuh semangat dan diharapkan akan terus menjadi agenda tahunan yang mampu membina generasi muda Indonesia untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, kreatif, dan berintegritas tinggi sehingga Pramuka Kwarran Sukodono berani untuk menunjukkan aksinya sebagai perwujudan potensi diri dan kelompok yang dimaksimalkan demi meraih prestasi. [Red]

Baca Juga  Pramuka Penegak Sidoarjo Ambil Peran Dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda di Sidoarjo
Kontributor Kegiatan : Nur Azizah, S.Pd – Kamabigus SDN Cangkringsari Sukodono;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *