Multi Manfaat Melalui Perkemahan Awal Tahun bagi Pramuka Penggalang SMP Islam Sidoarjo

Pusinfo – Perkemahan awal tahun untuk penggalang merupakan kegiatan pramuka yang dilaksanakan di awal tahun ajaran baru yang bertujuan untuk mempererat kebersamaan, melatih kemandirian, serta membina kemampuan anggota pramuka dalam berorganisasi, bekerja sama, dan menyelesaikan tantangan di alam terbuka.  Kegiatan perkemahan seperti ini dapat memberikan pengalaman berharga dan menanamkan nilai-nilai kepramukaan pada penggalang, seperti disiplin, kerja sama, dan kepemimpinan.

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

SMP Islam Sidoarjo yang berlokasi di Jalan Pahlawan III Sidoarjo menggelar Perkemahan Awal Tahun pada hari Jumat-Sabtu, 30 s.d 31 Agustus 2024, di lingkungan SMP Islam Sidoarjo. Upacara pembukaan Perkemahan Awal Tahun dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Bapak Suyanto, amanat yang disampaikan dalam upacara pembukaan menitik beratkan pada sikap dalam berperilaku sesuai Dasa Darma dan Tri Satya.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan ini yakni Penerimaan dan Orientasi Tamu Penggalang, Penjernihan air, PBB bertongkat, materi Kepramukaan, materi kepenggalangan, Pentas seni dan Out Bound yang tentunya menarik. Kegiatan berkemah dan menginap di lingkungan sekolah, memberikan sejumlah manfaat positif bagi siswa.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun Kemandirian, dengan menginap di sekolah mengajarkan siswa untuk mandiri dalam mengurus diri sendiri, seperti mengatur barang-barang pribadi, menjaga kebersihan, dan bertanggung jawab atas kebutuhan sehari-hari tanpa bantuan orang tua.

Selain itu juga untuk memperkuat Kerjasama dan Kebersamaan, diharapkan dalam kegiatan ini dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, berinteraksi lebih dekat, dan memperkuat hubungan persahabatan.

Baca Juga  AD-ART Gerakan Pramuka Hasil Munas 2023

Begitu juga dengan melatih Disiplin dan Tanggung Jawab melalui kegiatan berkemah, siswa akan terbiasa dengan jadwal yang terstruktur dan disiplin, serta belajar bertanggung jawab atas tugas atau peran yang diberikan selama kegiatan.

Diharapkan juga kegiatan berkemah kali ini dapat mengembangkan Keterampilan Sosial, melalui Interaksi intensif dengan teman-teman dan guru di luar jam pelajaran, mengasah keterampilan sosial siswa, seperti cara berkomunikasi, menyelesaikan konflik, dan menyesuaikan diri dalam kelompok.

Dan masih banyak lagi manfaat dari berkemah yang kali ini kami selenggarakan, diantaranya : untuk meningkatkan rasa percaya piri, mendorong kreativitas dan inisiatif, pembelajaran nilai-nilai kehidupan, mengurangi ketergantungan pada teknologi, dan tentunya masih banyak manfaat lainya.

Perkemahan Awal tahun ditutup langsung oleh Kamabigus SMP Islam Sidoarjo Siti Hanifah, Amanat yang disampaikan dalam upacara penutupan ini menitik beratkan pada akhlak dan perilaku yang harus tetap mencerminkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. [Red]

Kontributor Kegiatan : Alfun Salam, S.Pd – Pembina Satuan SMP Islam Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

One thought on “Multi Manfaat Melalui Perkemahan Awal Tahun bagi Pramuka Penggalang SMP Islam Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *