Bermula pada tahun 1967 Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo menempati gedung sebagai sanggar berada di jalan Teuku Umar No. 46 Sidoarjo, sebelah utara perempatan babalayar, bangunan ini merupakan eks kantor central comitte (cc) PKI Sidoarjo, dan pemiliknya adalah eks anggota PKI.

Pada tahun itu pula Kwarcab diberikan lahan yang cukup luas untuk usaha Pramuka, yang berada dijalan Mojopahit sebelah selatan RSUD, yang sekarang di tempati PT. Jati Kepuh Motor, dengan dipimpin oleh kak H. Ali Machmud sebagai Andalan Urusan Usaha, tempat tersebut dibuka usaha diantaranya Rice Milling Unit / Penggilingan padi, madu lebah,dan peternakan ayam sekaligus tempat pemotongannya, selanjutnya pada tahun 1974 kwarcab diberikan tambahan sebuah bangunan milik anggota Bapperki / eks gedung KAMMI-KAPPI yang terletak dijalan Gajahmada No. 203 Sidoarjo juga untuk kegiatan kepramukaan.

Pada tahun 1980 oleh Bupati KDH Tingkat II Sidoarjo Bapak Kol. Pol. H. Soewandi selaku ketua Mabicab, membangunkan Sanggar Pramuka yang terletak di kampung Ketel Kelurahan Sidokumpul di jalan Yos Sudarso 35 Sidoarjo yang merupakan lahan eks Sekolah Kepandaian Putri (SKP), dan saat menjelang peresmian Sanggar karena belum dilengkapi pendopo joglo maka dengan daya upaya para andalan, Pembina dan pelatih rela urunan untuk mewujudkan pendopo joglo yang dibangun berada disisi depan kiri dari Sanggar.

Terkait Sanggar yang berada dijalan Teuku Umar dan di jalan Gajahmada telah dikembalikan kepada pemerintah daerah sekitar tahun 1981, sedangkan untuk tempat usaha yang berada dijalan Mojopahit sekitar tahun 1984 diambil kembali oleh Pemerintah Daerah untuk tukar guling lahan dengan Jati Kepuh Motor, demikian pula Tambak Pramuka juga dikembalikan ke Pemerintah Daerah.

Dalam perjalanan waktu pada tahun 2007 Sanggar Pramuka dilengkapi gedung pertemuan yang berada di belakang bangunan induk. Gedung Sanggar Pramuka kita gunakan berbagai kegiatan, utamanya sebagai ruang rapat/pertemuan.

Tahun 2017 masa kepemimpinan Bupati Bapak H. Saiful Ilah, SH., M.Hum selaku ketua Mabicab dan wakil Bupati Bapak H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH. yang sekaligus sebagai ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo gedung ini direhab total dan ditinggikan pembangunannya karena jika musim hujan sering terendam air, kemudian gedung ini di resmikan pada tanggal 31 januari 2018 bertepatan dengan upacara peringatan Hari Jadi ke 159 Kabupaten Sidoarjo tahun 2018. Dan rencana pada tahun 2018 ini akan dilengkapi bangunan pendopo joglo yang akan di sesuaikan dengan keberadaan gedung induk, sehingga performance gedung akan lengkap dan lebih mantab.(red/map)